Diduga Kualitas Buruk, Proyek Talut Jalan Pusuk Sembalun Jebol

  • Whatsapp
Titik Lokasi Jebolnya Talut di Jalan Pusuk, Sembalun./ Foto : Unrara Angan/www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com – Proyek pembuatan talut di sepanjang jalan Pusuk, Sembalun, dengan anggaran miliaran rupiah tersebut mengalami kerusakan. Jebolnya talut diduga akibat kualitas campurannya buruk.

Fasilitas umum yang dibiayai dari APBN tersebut, saat ini masih dalam tahap pengerjaan namun dicurigai tidak memenuhi standar, karena pemasangan batu diduga menggunakan kualitas acian tidak standar sehingga mudah terkelupas.

Selain itu, pemasangan pondasi talut di tebing tidak memiliki kemiringan sehingga mengalami keretakan bahkan jebol terhempas air baru-baru ini.

Tanggul Jebol Diduga Karena Acian Tidak Standar.

Proyek pemerintah yang dihajatkan untuk mencegah terjadinya bencana longsor di khawatirkan tidak bertahan lama, mengingat kondisi alam di Pusuk Seeembalun rentan dari banjir dan longsor.

Sementara itu, Sub Kontraktor (Subkon) bagian penalutan, Abi, saat dikonfirmasi via telephone beberapa hari lalu mengatakan, pengerjaan penalutan sudah sesuai standar proyek dari kontraktor dan konsultan.

Baca Juga

“Gak berani kita bekerja proyek pemerintah ini gegabah dan asal asalan karena sudah mengikuti standar PU,“ katanya, 5 November 2021 kemarin.

Sementara, pondasi talut yang jebol merupakan tanggung jawab dirinya sebagai Subkon. Mengingat kontrak sampai bulan Desember dan waktu pemeliharaan enam bulan, serah terima dengan pemerintah.

“Yang jebol itu tanggung jawab saya sebagai subkon, akan kami perbaiki,“ ucapnya. np

Berita Terkait

Leave a Reply