Desa Wisata Kembang Kuning Lombok Timur Terbaik Se Nusantara

  • Whatsapp
Eksotis panorama alam di Desa Kembang Kuning, Kecamatan Sikur, Lotim. / Foto : Dok. Desa Kembang Kuning

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com – Kementerian Desa Pembanguan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI mengumumkan hasil Lomba Desa Wisata Nusantara, bahwa Desa Kembang Kuning, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur (NTB), meraih Peringkat Pertama sebagai Desa Wisata Nusantara kategori Berkembang. Sedangkan Untuk Desa Wisata kategori Maju diraih oleh Desa Sukalaksana, Kecamatan Semarang, Kabupaten Garut.

Hal tersebut disampaikan DR. H.M.Mugni Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Lombok Timur. Jumat, 1 November 2019.

Pengumuman itu dikeluarkan tanggal 1 Nopember 2019 berdasarkan hasil verifikasi tim lapangan mulai tanggal 7-26 Oktober 2019 lalu dalam Lomba Desa wisata Nusantara 2019.

Baca Juga : Kembang Kuning Masuk Nominasi Desa Wisata ke 28 dari 158 Desa Se-Indonesia

Sesuai surat resmi No. 2 tahun 2019 yang dikeluarkan Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa kementerian Desa dan PDT RI, Ir. Rasyidah Rahmawati, MM.

Baca Juga

Desa Kembang Kuning sebagai peringkat terbaik pertama menyisihkan 28 desa yang menjadi kontestan di lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2019.

Sebelumnya, pada saat menyambut tim verifikasi pusat, Kepala Desa Kembang Kuning, Lalu Sujian menegaskan, sektor Pariwisata dapat mendongkrak perekonomian masyarakatnya.

BUMDes yang digagas pemerintah Desa dikelola secara profesional yang bekerjasama dengan pelaku-pelaku wisata, termasuk Pokdarwis dan unit-unit kegiatan masyarakat lainnya. Bahkan bantuan pihak lainnya dikelola dengan mendirikan home stay dan penginapan guna menunjang kegiatan kepariwisataan.

Disisi lain, Bupati Lombok Timur, H.M. Sukiman Azmy mengungkapkan rasa salut dan apresiasinya kepada Desa Kembang Kuning dalam menggerakkan ekonomi wisata yang didesain. Bahkan, Sukiman Azmy berjanji akan membangun fasilitas pendukung dalam kegiatan pariwisata.

Bukan hanya di Kembang Kuning tetapi di wilayah lainnya yang memiliki potensi untuk dikembangkan pada sektor pariwisata.

Ini Pengumumannya : 

Surat Pengumuman Direktorat Jendral Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. Jumat, 1 November 2019

Berita Terkait

Leave a Reply