DAK Reguler dan DAK Penugasan Proyek PUPR Lotim Sudah Rampung

  • Whatsapp
L. Kurnia Darmawan, Kepala Bidang Bina Marga PUPR Lombok Timur./ Foto : M. Ragil Sopiyan Sauri/www.ntbpos.co

LOMBOK TIMUR – Sebanyak 9 ruas jalan yank bersumber dari  Dana Alokasi Khusus (DAK reguler) dan DAK penugasan yang diamanatkan kepada Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Lombok Timur.

Pengerjaan pembangunan sudah rampung seratus persen. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Bina Marga, L. Kurnia Darmawan, saat ditemui NTBPOS.

“Untuk progres proyek baik DAK reguler maupun DAK penugasan, Sejak Juli lalu sudah rampung seratus persen,“ katanya kepada NTBPOS, Selasa 10 Agustus 2021.

Masih kata Darmawan, ini PUPR masuk pada tahap pemelihara selama satu tahun kedepan untuk 9 ruas, serta fokus menyelesaikan DAK Trandes, Penataan kawasan Ekas, dan pembangunan jembatan.

“9 ruas ini sekarang tahap pemeliharaan selama setahun dan kami masih fokus menyelesaikan DAK Trandes,“ ujarnya.

Baca Juga

Jika mengacu pada kondisi tanah, lanjut Darmawan, daerah selatan paling berpotensi besar Pemeliharaan mengingat disamping kondisi tanah tidak stabil sering dilalui kendaraan yang overload.

“Sepertinya daerah selatan paling rentan terjadi kerusakan karena disebabkan 2 faktor, yakni kestabilan tanah dan dilalui kendaraan overload,“ jelasnya.

Lebih jauh Darmawan menjelaskan, desain jalan yang dibangun untuk semua kendaraan menjadi PR yang masih belum dilakukan, sehingga perlu peran serta Pemerintah Desa dalam memelihara jalan untuk kepentingan bersama.

“Ini menjadi PR, tentunya desain jalan untuk semua kendaraan, sehingga perlu dilakukan koordinasi dengan pemerintah Desa,“ tutupnya. np

Berita Terkait

Leave a Reply