Ciptakan Peluang Kerja, SMKN 1 Sekotong Gandeng IDUKA

  • Whatsapp
Siswa SMKN 1 Sekotong Tengah Praktik Belajar di Atas KM Handayani 03./Foto : Muhamad Rasid/www.ntbpos.co

LOMBOK BARAT – Kompetensi Keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) merupakan Kompetensi Keahlian andalan yang berpeluang besar untuk dikembangkan di SMKN 1 Sekotong Lombok Barat.

Jurusan tersebut diharapkan akan banyak menarik minat para peserta didik baru pada Tahun Pelajaran 2021/2022.

Kompetensi Keahlian (KK) Nautika Kapal Penangkan Ikan (NKPI) di SMKN 1 Sekotong mulai dibuka pada tahun Pelajaran 2018-2019 lalu dan memasuki usia ke 3 tahun, pada tahun 2021 ini akan menamatkan peserta didik Kls XII untuk pertamakali.

Jurusan NKPI ini juga dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana penunjang belajar seperti, memiliki kapal latih KM Handayani 03 dan Ruang Praktik Siswa (RPS) yang dilengkapi dengan alat-alat belajar yang bersumber dari DAK 2020 untuk SMKN 1 Sekotong.

“Hari ini untuk kelas X dan XI NKPI dengan materi pengenalan dan fungsi alat-alat secara langsung dilakukan di atas Kapal Handayani 03 SMKN 1 SEKOTONG,“ ungkap Sulman Haris, Plt.Kepala SMKN 1 Sekotong ketika dikonfirmasi, Minggu, 25 April 2021.

Lebih jauh, Sulman Haris mengatakan bahwa jurusan NKPI memiliki peluang cukup potensial untuk dikembangkan di Kecamatan Sekotong. Jurusan ini diharapkan dapat menciptakan peluang kerja bagi lulusannya ketika selesai menempuh pendidikan.

“Tahun ini kami juga membuka kelas industri, dimana setelah tamat, para peserta didik langsung dapat bekerja di IDUKA PT Samudra Maritim Indonesia di Benoa Bali,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga bekerjasama dengan Koperasi Syariah Bina Laut dan terus kita intens menjalin MoU dengan IDUKA. Di samping itu, memaksimalkan guru tamu dari IDUKA sebagai instruktur di Sekolah.

“Pengetahuan praktis untuk pemenuhan kompetensi yang dibutuhkan dunia indstri dan dunia kerja benar-benar relevan sesuai kebutuhan,“ lanjut Ketua AGPAII (Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam) Provinsi NTB ini.

Terkait ijin pengoperasian KM Handayani 03 SMKN 1 Sekotong, Sulman mengatakan tidak ada persoalan karena dalam waktu dekat kapal latih akan segera melakukan olah gerak mengingat semua dokumen kapal sudah oke.

Atas capaian tersebut, tak lupa pula pihak SMKN 1 Sekotong menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat serta pihak lainnya.

Dengan adanya suport tersebut, SMKN 1 Sekotong berharap dapat memberikan kontribusi pada penyediaan lulusan yang dapat diserap oleh dunia usaha dan dunia industri (IDUKA).

“Terima kasih kami ucapkan kepada Kadis Dikbud NTB, Kabid SMK serta jajaran Sarpras Bidang SMK, termasuk senior-senior Kepala Sekolah Core Kemaritiman atas motivasi dan supportnya untuk kemajuan SMKN 1 Sekotong,“ tutupnya. np

Berita Terkait

Leave a Reply