Ciptakan Kenyamanan Anak, DLH Lotim Isyaratkan Pembangunan RPTRA

  • Whatsapp
Zaidar Rohman, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lombok Timur./ Foto : M. Ragil Sopiyan Sauri/www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Lombok Timur mengisyaratkan kemungkinan membuka Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) untuk publik dengan kapasitas tertentu.

Kendati belum memiliki RPTRA, pihaknya mengklaim menempatkan fasilitas permainan untuk anak di setiap ruang publik. Hal tersebut diungkapkan kepala Dinas Lingkungan Hidup Lombok Timur, Zaidar Rohman.

“Ruang publik tersebut arah sebenarnya ramah anak, tetapi belum terspesifikasi,“ katanya kepada NTBPOS.com, Senin 6 September 2021.

Ia menjelaskan, pembukaan kembali ruang terbuka hijau seperti taman kota dan RPTRA diperlukan sebagai tempat rekreasi dan ruang ekspresi anak, terutama di bawah 12 tahun, terlebih lagi saat ini masih pandemi, anak perlu tempat untuk meluapkan kegembiraan.

“Anak-anak tentunya tidak jauh dari permainan, untuk itu ruang publik ramah anak sangat perlu,“ ujarnya.

Baca Juga

Masih kata Zaidar, dirinya memberi perhatian lebih terhadap penggunaan fasilitas anak yang digunakan oleh orang dewasa, karena fasilitas permainan tersebut diperuntukkan untuk anak.

Akan tetapi dirinya juga tidak menampikkan penggunaan sarana bermain tersebut karena banyaknya pengunjung dan kurang pengawasan.

“Ini yang keliru sebenarnya, karena sarana prasarana tersebut perlu di jaga untuk anak-anak, sebenarnya perlu kesadaran kita semua,“ jelasnya.

Lebih jauh RPTRA tersebut menjadi perhatian DLH, di samping bersinergi dengan OPD terkait agar tercipta kenyamanan bagi anak-anak Lombok Timur.

“Tahun 2021 berbagai sinergi kita lakukan, guna menjamin adanya kegiatan tersebut,“ tutupnya. np

Berita Terkait

Leave a Reply