Penataan Teluk Ekas, Permukiman di Areal Pantai Akan Direlokasi

  • Whatsapp
Bupati Lotim Pimpin Rapat Konsolidasi Terkait Penataan Kawasan Teluk Ekas di Pendopo, (Dok. Humas Lotim). [] www.ntbpos.com / Suandi Yusuf

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com – Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy melakukan kunjungan ke wilayah pantai selatan dalam rangka perencanaan penataan kawasan Teluk Ekas Desa Ekas Buana Kecamatan Jerowaru pada tahun 2021 mendatang.

Bupati didampingi asisten 1, asisten  2, kepala OPD, camat jerowaru, dan kepala desa setempat. Sebelum melakukan kunjungan kerja Bupati memimpin rapat konsolidasi terkait penataan kawasan Teluk Ekas di Pendopo Bupati, Kamis 15 Oktober 2020.

Dalam rapat tersebut, Bupati Sukiman menyampaikan 7 item rencana penataan kawasan teluk Ekas, diantaranya penataan kawasan pantai meliputi kawasan niaga, kawasan parkir pengunjung, kawasan lindung, tempat olah raga, dan penghijauan lahan kawasan pantai dan poin kedua adalah pemukiman penduduk.

“Ada beberapa penduduk yang mendirikan permukiman di areal pantai, yang nantinya akan dipindahkan ke seberang jalan pantai agar area pantai bersih dari pemukiman, karena area 30 meter pantai masih milik negara,“ ujarnya.

Baca Juga

Penataan selanjutnya, ujar Sukiman, adalah penataan keramba budidaya air laut. Penataan ini penting agar jalur pelayaran nelayan lebih teratur, kaitannya dengan hal itu dirinya meminta agar jumlah pembudidaya di Teluk Ekas didata. Selain itu perahu nelayan yang bersandar juga harus ditata.

“Saya perintahkan seluruh OPD terkait untuk dapat menuangkannya di DPA atau program prioritas tahun 2021, karena program penataan Teluk Ekas ini dilakukan untuk kepentingan masyarakat,“ jelasnya.

Selanjutnya adalah relokasi rumah makan apung yang disiapkan untuk menyambut pengunjung yang diprediksi akan bertambah seiring gelaran MotoGP 2021.

Penataan lainnya adalah dengan pembangunan jalan lingkar baru yang menuju pantai Ekas. Disamping itu, pentingnya event wisata untuk meningkatkan pariwisata di kawasan tersebut menjadi penekanan orang nomor satu di Lombok Timur itu.

Pimpinan OPD yang masuk dalam rombongan kunjungan Bupati diantaranya, Kadis LHK, Kadis PUPR, Kadis Pariwisata, Kasat Pol PP, Kadis PMPTSP, Kepala Bappeda, dan Kadis Kelautan dan Perikanan. np

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *