Bupati Lotim Menyebut Sejumlah Aset Koperasi Banyak Dikelola Secara Pribadi

  • Whatsapp
H. M. Sukiman Azmy, Bupati Lombok Timur./ Foto : Dok. PKP/www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com – Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Lombok Timur diminta melakukan konsolidasi dan koordinasi untuk memajukan Koperasi di daerah ini.

Permintaan itu disampaikan Bupati Lombok Timur, H. M. Sukiman Azmy pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dekopinda Lombok Timur yang berlangsung di LLK Selong,
Sabtu, 27 November 2021.

Pada kesempatan itu, Bupati juga meminta Dekopinda untuk melakukan inventarisasi aset-aset Koperasi yang ada di Lombok Timur, karena Dekopinda menjadi satu-satunya lembaga yang memiliki wewenang untuk melakukan hal tersebut.

Bupati melihat sejumlah aset Koperasi saat ini banyak yang dikelola secara pribadi. Diharapkan dengan inventarisasi pengelolaannya menjadi lebih baik.

Keberadaan ratusan koperasi yang tersebar di seluruh wilayah Lombok Timur juga menjadi perhatian, utamanya koperasi yang tidak aktif atau mati suri.

“Dari 541 Koperasi yang ada di Lombok Timur, 239 yang aktif, sisanya mati suri,” ungkapnya.

Kaitan dengan itu Dekopinda diminta untuk memberdayakan seluruh Koperasi, salah satunya melalui penggabungan Koperasi di masing-masing tingkatan. Dengan begitu seluruh Koperasi menjadi berdaya.

Terlebih lagi, kementerian Koperasi menjanjikan dukungan pendanaan hingga miliaran rupiah bagi gabungan Koperasi.

Di hadapan Ketua Dekopin Wilayah Provinsi NTB, Sukiman mengingatkan penting pula mendorong digitalisasi Koperasi. Tidak hanya untuk kemajuan melainkan untuk keterbukaan. Dekopinda diharapkan dapat melakukan pembinaan kepada Koperasi yang masih banyak tidak ditangani dengan baik.

Selain dihadiri Ketua Dekopinwil NTB, Rakerda ini juga dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan pengurus Koperasi binaan Dekopinda Lombok Timur. np

Berita Terkait

Leave a Reply