Bupati Lombok Timur Minta MTQ Digelar di Daerah Wisata

  • Whatsapp
Acara Rakerda LPTQ Lombok Timur./ Foto : Istimewa/www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com – Keberhasilan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) memang kerap identik dengan prestasi pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), tentu ini menjadi harapan pemerintah dan masyarakat Lombok Timur.

Prestasi yang sudah baik pada penyelenggaraan MTQ sebelumnya dapat ditingkatkan sampai di level maksimal. Hal tersebut menjadi penekanan Bupati Lombok Timur, H. M. Sukiman Azmy saat membuka Rapat kerja Daerah (Rakerda) LPTQ Kabupaten Lombok Timur.

Tuntutan tersebut berkaitan pula dengan penetapan Lombok Timur sebagai tuan rumah penyelenggaran MTQ tingkat provinsi NTB.

“Sebagai tuan rumah, harus dapat meraih juara umum, untuk itu LPTQ harus berkreasi dan berinovasi untuk melatih, mendidik dan membina para qori/qoriah, hafiz/hafizah, dan mufassir/ mufassirah,“ tegasnya.

Disisi lain Bupati mengakui prestasi pada MTQ bukan semata tanggung jawab LPTQ melainkan seluruh pihak, termasuk dukungan keluarga dan masyarakat, sumber daya manusia yang tersedia untuk dikembangkan dan ditingkatkan kapasitas serta kapabilitasnya.

Baca Juga

Bupati juga mengatakan pentingnya peran tokoh dan pemuka agama, keterlibatan para tokoh tersebut, baik langsung maupun tidak langsung, akan sangat berdampak signifikan terhadap penyiapan SDM yang potensial untuk dikembangkan dalam kaitannya dengan prestasi MTQ.

Pentingnya membuat masyarakat tertarik mempelajari Al-Quran juga menjadi penekanan.

“Tidak hanya seni membaca atau teknik menulis, rumus untuk menghapal, melainkan lebih dalam lagi pada maknanya, pada keindahan isinya untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.” ujar Bupati.

Hal itu selaras pula dengan tema penyelenggaraan Rakerda LPTQ kali ini yaitu “Membumikan AL-Quran di Bumi Patuh Karya”.

Menyinggung persiapan pelaksanaan MTQ mendatang, Bupati meminta lokasi penyelenggaraan di daerah wisata sebagai bagian dari upaya mempromosikan potensi wisata yang ada. Sehingga masyarakat provinsi NTB mengenal lebih banyak lagi kawasan-kawasan wisata yang potensial di daerah ini.

Sementara itu, Ketua Umum LPTQ Kabupaten Lombok Timur yang juga Sekretaris Daerah, HM. Juaini Taofik dalam laporannya menyampaikan, Rakerda ini sebagai bagian dari upaya menyusun rencana kerja untuk pengembangan tilawatil quran di Lombok Timur.

Dikatakan Juani, menyusul ditetapkannya Lombok Timur sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi NTB 2022 mendatang, dua hal yang menjadi target LPTQ selaku penyelenggara adalah sukses meraih juara umum dan sukses sebagai tuan rumah.

Penyelenggaraan di Lombok Timur diharapkan bisa menghadirkan suasana baru. Di samping membumikan Al-quran, diharapkan pula penyelenggaraannya dapat membawa semangat kebangkitan bagi Lombok Timur khususnya dan NTB umumnya.

Taofik mengakui pula bahwa merumuskan program kerja tidak selalu mudah, akan tetapi yang lebih sulit lagi adalah menepati dan menjalankannya. Namun begitu, dukungan Pemda Lombok Timur dipastikan dapat mendorong kinerja dewan pengurus LPTQ. np

Berita Terkait

Leave a Reply