BPBD NTB Gelar Pelatihan Desa Tangguh Bencana di Desa Sepit

  • Whatsapp
Kegiatan Pelatihan Destana di Desa Sepit Kecamatan Keruak./ Foto : M. Hardi Putrawan /www.ntbpos.co

LOMBOK TIMUR – Pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana) oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), memilih Desa Sepit, Kecamatan Keruak sebagai lokasi diadakannya pelatihan yang akan belangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 7 sampai 9 Juni 2021.

Ketua panitia pelaksana, Supardi, dalam laporannya menyebutkan jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 30 orang yang merupakan perwakilan dari semua lembaga dan tokoh masyarakat se Desa Sepit.

Dijelaskannya, tujuan pelatihan Destana adalah untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat yang dilakukan berdasarkan kapasitas masyarakat desa.

Kepala BPBD Provinsi NTB melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Lotim, Mahyuddin memberikan ucapan selamat kepada masyarakat Desa Sepit karena sudah terpilih sebagai tempat diadakannya pelatihan Destana.

“Dari semua desa di Lombok Timur, Desa Sepit sudah terpilih menjadi tempat pelatihan Destana ini,“ katanya.

Menurutnya, kabupaten yang tangguh akan bencana dimulai dari desa yang tangguh bencana, tidak akan ada kabupaten yang tangguh jika desa yang ada di bawahnya juga tidak tangguh, sehingga program pelatihan tangguh bencana ini dimulai dari Desa-desa.

“Ibarat sapu lidi, satu demi satu dikumpulkan, kekuatan dari desa-desa disatukan sehingga kabupaten akan menjadi kuat,“ ujarnya.

Dirinya berharap setelah pelatihan ini selesai dilaksanakan, bisa dibentuk Tim Siaga Bencana (TSB) tingkat desa yang kemudian diatur dalam Peraturan Desa dan kabupaten akan memfollow up.

“Kami memang tidak menjanjikan untuk bisa menindaklanjutinya tapi kami berharap ke depannya perwakilan dari TSB ini diberikan pelatihan lanjutan di tingkat yang lebih tinggi,“ ujarnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Desa Sepit yang diwakili Sekretaris Desa, Muhammad Sulhan Hadi, dirinya berharap ada tindaklanjut dari kegiatan pelatihan Destana ini, mengingat Desa Sepit pernah terjadi bencana banjir bandang yang memakan korban. np

Berita Terkait

Leave a Reply