Bela Petani Tembakau, DPD KNPI Apresisasi Langkah Pemkab Lotim

  • Whatsapp
Peretemuan Petani tembakau Virginia dengan Pemkab Lotim yang diinisiasi DPD KNPI Lotim, Kamis, 26 September 2019 di Pendopo Wakil Bupati Lotim. / Foto: Doc. NTBPOS.com

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com – DPD KNPI Lotim mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemerintah kabupaten Lombok Timur dalam hal ini Bapak Wakil Bupati dan Dinas Pertanian yang turun tangan langsung membantu petani tembakau virginia untuk mencarikan solusi terkait persoalan harga tembakau dan serapan dari perusahaan tembakau khususnya petani swadaya.

Disamping itu juga, langkah kepolisian resort Lombok Timur dalam hal ini mengantisipasi gejolak dimasyarakat sehingga menjadi penyambung komunikasi antara pihak petani tembakau dengan pihak Pemkab Lombok Timur patut untuk di apresiasi sehingga terlaksananya pertemuan ini.

Taupik hidayat selaku Koordinator menyampaikan bahwa pertemuan kali ini adalah pertemuan kedua, setelah pertemuan pertama seminggu yang lalu di pendopo Wakil Bupati dalam rangka mencari titik temu persoalan petani.

” Alhamdulillah pak Wakil Bupati (H. Rumaksi) bersama Dinas Pertanian Menegaskan kepada Perusahaan Perusahaan yang ada dan beroperasi di Lombok Timur untuk dapat memfasilitasi Petani Swadaya agar Tembakau Mereka Terbeli oleh perusahaan,” kata Taupik, Kamis, 26 September 2019 di Pendopo Wakil Bupati.

Sementara, Wakil Bupati menjelaskan bahwa keberadaan perusahaan tembakau di Lotim haruslah memberikan manfaat untuk masyarakat petani di Lombok Timur, untuk itu kami berharap agar perusahaan perusahaan besar ini (Bentoel, Djarum, Sadana) dapat mengakomodir petani tembakau agar dapat diserap sehingga petani kita tidak terlalu merugi.

Baca Juga

” Jika kehadiran mereka tidak memberikan manfaat, maka saya kira kita harus pertimbangkan keberadaan mereka (perusahaan) didaerah ini, untuk itu kehadiran bapak bapak dipertemuan ini sekiranya dapat menjadi memberikan solusi,” ungkap Wakil Bupati H. Rumaksi kepada perusahaan perusahaan tembakau yang hadir pada pertemuan tersebut.

Senada dengan itu, Taupik Hidayat yang juga Ketua DPD KNPI Lotim meminta kepada Pemerintah Daerah, bahwa Jika Perusahaan Tembakau Tidak Mau Mengakomodir Petani Swadaya dan menerapkan harga yang layak maka kami akan bersurat ke Pemkab Lotim untuk merekomendasikan Kepada Pemprov NTB agar Perusahaan Tembakau tersebut di Cabut Izinnya. Kita Tidak Butuh perusahaan yang tidak punya “hati”kata Taupik.

Di akhir pertemuan, Pak Kepala Dinas Pertanian Lombok Timur menelpon Kadis Pertanian dan Hortikultura NTB didepan peserta rapat untuk berkoordinasi, seketika itu Wakil Bupati H. Rumaksi langsung mengambil telpon dan bicara dengan Kadis Pertanian NTB via Telpon, Akhirnya Wakil Bupati mendapatkan jawaban yang melegakan dari Kadis Pertanian NTB untuk petani tembakau Lombok Timur yang selanjutnya nanti tinggal ditindaklanjuti oleh perusahaan bersama petani. [] NP-Red

Berita Terkait

Leave a Reply