Bandara Internasional ZAM Tutup Penerbangan Komersil 6-17 Mei

  • Whatsapp
Petugas Cleaning Service Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid membersihkan lantai terminal bandara. / Foto: Dok AP I Bandara Lombok.

LOMBOK TENGAH – Menindaklanjuti surat edaran pembatasan mudik lebaran 1442 Hijriyah yang di keluarkan oleh Satgas Covid-19 dan Kementerian Perhubungan serta Dinas Tenaga Kerja yang membatasi mudik para tenaga kerja migran Indonesia, Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (ZAM) Lombok, Praya menutup penerbangan komersil.

Stakeholder Relationship Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Lombok, Arif Haryanto menjelaskan Kemenhub telah melarang maskapai penerbangan komersial untuk beroperasi pada arus mudik Lebaran 2021.

Dalam keterangan tertulis, Selasa, 20 April 2021, Arif Haryanto menjelaskan, sesuai dengan surat edaran Kementerian Perhubungan larangan arus mudik, Bandara Lombok juga tidak akan mengoperasikan penerbangan niaga dari 6-17 Mei 2021, baik rute domestik maupun internasional.

“Pada prinsipnya kami selaku pengelola bandara mendukung kebijakan pemerintah yang bertujuan sebagai upaya pengendalian penyebaran Covid-19,” ujar Arif.

Namun demikian kata Arif, Bandara Lombok tetap beroperasi untuk melayani penerbangan khusus pada saat larangan mudik diberlakukan. Diantara penerbangan pimpinan lembaga tinggi dan tamu kenegaraan, penerbangan repatriasi, serta penerbangan yang berhubungan dengan operasional penegakan hukum, ketertiban, dan pelayanan darurat, serta angkutan kargo.

Baca Juga

“Bandara Lombok tetap beroperasi untuk melayani penerbangan pimpinan lembaga tinggi dan tamu kenegaraan, penerbangan repatriasi, serta penerbangan yang berhubungan dengan operasional penegakan hukum, ketertiban, dan pelayanan darurat, serta angkutan kargo pada 6-17 Mei mendatang,” jelasnya.

Dalam catatan Angkasa Pura 1 Bandara Lombok, saat ini rata-rata penumpang yang berangkat dan tiba di Bandara ZAM lebih jurang 3.000 penumpang per hari, dengan 32 pergerakan pesawat per hari. np

Berita Terkait

Leave a Reply