Atensi Kematian Ibu dan Anak, Pemda Lotim Bersama TNI/Polri Teken MoU

  • Whatsapp
Penandatanganan MoU Pemerintah Daerah Bersama TNI/Polri di Bidang Kesehatan./ Foto : Istimewa/www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR – Sebagai upaya meminimalisir angka kematian ibu dan anak saat proses persalinan, Pemerintah Daerah Lombok Timur bersama TNI dan Polri menandatangani MoU sebagai bentuk komitmen bersama dalam membantu dan mengayomi masyarakat.

Kesepakatan bersama itu ditandatangani pada acara refleksi 3 tahun kepemimpinan Sukma yang berlangsung di Pendopo Bupati Lombok Timur, Senin, 27 September 2021.

Pada kesempatan itu, Bupati Lombok Timur, H. M. Sukiman Azmy dalam pidatonya mengucapkan terima kasih kepada Dandim dan Kapolres Lotim yang telah bersedia secara khusus menjalin kerjasama di bidang kesehatan.

Selain itu, Sukiman mengakui bahwa tanpa kerjasama dan sinergi yang baik bersama TNI/Polri, Pemerintah Daerah tidak mungkin bisa mencapai target vaksinasi seperti saat ini.

“Tanpa bantuan Babinsa, Polmas, Danramil, Dandim dan Kapolres, tidak mungkin kita bisa menghadapi pandemi, seperti yang sama-sama kita saksikan saat ini,“ ucapnya.

Baca Juga

Sementara itu, Komandan Kodim 1615/Lotim, Letkol. Inf Amin M. Said mengatakan, TNI dalam hal ini memiliki tugas pokok yaitu pemindahan teritorial yang di dalamnya ada tiga komponen besar yang dilaksanakan yaitu, Geografi, Demografi dan kondisi sosial.

“Terkait apa yang disampaikan Bupati tadi, itu kita titik beratkan pada Demografi, dimana populasi manusia yang ada di wilayah tersebut, TNI berperan untuk menjaga dan membina mereka,“ tandasnya.

Selain itu, sesuai yang tercantum dalam undang-undang nomor 34 tahun 2004, salah satunya pasal dua yaitu operasi militer Semprang dengan memberi bantuan kepada Pemda.

Untuk itu, Dandim mempersiapkan Danramil dan babinsa sebagai ujung tombaknya untuk melaksanakan pembinaan, bekerja sama dengan Puskesmas setempat.

Dandim berharap, dengan kondisi yang sudah bagus saat ini bisa terus di pertahankan. Bahkan, Pemda Lotim mendapatkan predikat khusus dari pemerintah pusat.

“Jadi kita dari TNI bersama Polri sudah berkomitmen mendukung tugas yang diembankan Pemda dalam konteks kehidupan negara,“ tutupnya. np

Berita Terkait

Leave a Reply