Arpusda Lotim Gelar Sosialisasi Transformasi Layanan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

  • Whatsapp
Kadis Arpusda Lotim, H. Marwan, M. Pd membrikan ucapan selamat kepada para peserta. / Foto : NTBPOS.com

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com – Selama ini masyarakat banyak beranggapan bahwa Perpustakaan identik dengan buku, gudang buku bahkan dianggap tempat yang membosankan dan banyak persepsi lainnya.

Karena itulah dinas Arpusda Lombok Timur terus melakukan pembenahan dan perubahan untuk menjadikan Arpusda Pusat Informasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas khususnya di Lotim.

Tak hanya itu untuk memberikan pemahaman tentang Transformasi Perpustakaan. Dinas Arsip dan Perpustakaan  Kabupaten Lombok Timur, Kamis, 12 September 2019 menggelar Sosialisasi Transformasi Perpustakaan bagi Perpustakaan Desa/Kelurahan di Aula baca Arpusda Lotim.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Lotim, H. Marwan, M. Pd usai menggelar Sosialisasi Peningkatan Kualitas SDM dalam Pengelola Perpusdes Berbasis TIK dalam rangka Transformasi Layanan Perpustakaan Inklusi Sosial.

“Transformasi Perpustakaan untuk menjadikan Perpustakaan sebagai pusat pembelajaran dan berkegiatan bagi masyarakat yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penting dilakukan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia,” jelasnya.

Baca Juga

Setiap Desa di Kabupaten Lombok Timur didorong untuk memiliki Perpustakaan Desa dan bisa menjadi pusat informasi masyarakat Desa. Tentunya juga perlu melibatkan banyak pihak agar program ini terlaksana dengan baik dan sukses sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Kita ihtiarkan setiap Desa/Kelurahan di Lotim memiliki perpustakaan agar masyarakat melek dan bisa menjalankan hidup sesuai tuntutan zaman, karena dengan keberadaan Perpus Desa masyarakat bisa mengakses segala informasi yang dibutuhkan,” jelasnya.

Setelah dilakukannya sosialisasi ini diharapakan strategi pengembangan perpustaakan dan TIK untuk layanan perpustakaan, Tranformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial dapat diterapkan seluruh Perpusdes di Lombok Timur . Demikian H. Marwan. [] NP-03

Berita Terkait

Leave a Reply