Antisipasi Pencemaran Limbah B3, DLH Terus Lakukan Pengelolaan

  • Whatsapp
Dedi Sutarmin, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Limbah B3, Dinas Lingkungan Hidup Lombok Timur./ Foto : M. Ragil Sopiyan Sauri/www.ntbpos.co

LOMBOK TIMUR – Dinas Lingkungan Hidup terus berupaya menekankan banyaknya Iimbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), hal tersebut tidak terlepas karena bahannya Limbah yang dapat menimbulkan penyakit.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Limbah B3, Dedi Sutarmin mengatakan, pengelolaan limbah memiliki potensi yang besar, terutama limbah medis yang ada di Puskesmas.

“Limbah medis tersebut potensinya besar dan semoga pusat dapat membawa kami melalui pendanaan,“ katanya kepada NTBPOS, Jumat 4 Juni 2021.

Dedi juga menambahkan, Lombok Timur sekarang sedang tinggi angka stunting yang disebabkan oleh Inveksius, bukan karena anak tersebut kurang makan tetapi pencemaran yang terjadi.

“Sekarang Lotim lagi trend stunting, penyebabnya bukan karena kurang makan kurang protein tetapi Diare,“ ujarnya.

Baca Juga

Lebih lanjut, Dedi terus menghimbau agar masyarakat tetap menjaga kebersihan, terlebih lagi 95% sanitasinya bagus dan layak tetapi belum aman serta ideal.

“Saat ini kondisi kita di Lombok Timur memiliki sanitasi yang bagus tetapi tidak aman karena diresapkan, artinya ketika tidak di filter maka akan berbahaya,“ tutupnya. np

Berita Terkait

Leave a Reply