Antisipasi Kekeringan, Ketua DPRD Minta Warga Menjaga Mata Air

  • Whatsapp
Murnan, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Lombok Timur./ Foto : M. Ragil Sopiyan Sauri/www.ntbpos.co

LOMBOK TIMUR – Untuk mengantisipasi datangnya musim kemarau, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lombok Timur, meminta masyarakat agar lebih serius menjaga titik mata air, mengingat sumber mata air di Lombok Timur yang kian berkurang.

“Beberapa kali saya membaca riset, sumber mata air kita semakin berkurang, mestinya dipelihara dengan baik,“ ungkap Ketua DPRD Lotim , Murnan, kepada NTBPOS, Selasa 15 Juni 2021.

Murnan juga menilai, semestinya pemerintah Daerah membuat tampungan dengan kapasitas besar untuk menampung air ketika mengaliri ke daerah yang kekeringan, bukan hanya Waduk-waduk kecil.

“Kita ini punya musim yang sangat panjang, maka ketika ingin menyimpan air dalam waktu lama, perlu ditopang dengan tampungan yang besar. Jangan tanggung lah, kalau bisa buat tampungan satu hektare,“ katanya.

Selain itu, Murnan menyebutkan, keberadaan PDAM juga diharapkan menjamin ketersediaan air, terlebih lagi BUMD tersebut tidak terlalu diberatkan deviden, akan tetapi pelayanan yang maksimal kepada masyarakat yang diutamakan, tentunya dengan menambahkan sambungan rumah sepanjang tahun.

Baca Juga

“Terus terang kami di DPRD tidak memberatkan mereka deviden karena kerja mereka untuk pelayanan, akan tetapi kalaupun kerja mereka bagus dengan otomatis mendapatkan keuntungan,“ tegasnya.

Lebih jauh, Murnan menjelaskan, masyarakat juga perlu mendapatkan edukasi, tidak hanya diberikan bantuan saja.

“Kedepannya kami berharap meningkatkan edukasi kepada masyarakat tentang pengelolaan air bersih,“ tutupnya. np

Berita Terkait

Leave a Reply