Antisipasi Gugatan, Dinas PMD Bentuk Tim Sengketa Pilkades

  • Whatsapp
M. Khairi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kabupaten Lombok Timur./ Foto : M. Ragil Sopiyan Sauri/www.ntbpos.co

LOMBOK TIMUR – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) telah membentuk tim sengketa Pilkades, tim tersebut dibentuk untuk menerima aduan sengketa, ketika ada calon yang keberatan dengan hasil Pilkades.

Kepala Dinas PMD Lombok Timur, M. Khairi mengatakan, tim sengketa nantinya diisi oleh akademisi, praktisi hukum dan memang orang yang berkompeten terhadap penyelesaian sengketa.

“Tim sengketa diisi oleh akademisi, kejaksaan, bagian hukum dan kepolisian,“ katanya kepada NTBPOS, Selasa, 27 Juli 2021.

Khairi menambahkan, ketika ada calon yang tidak puas dengan hasil Pilkades, maka mereka diberikan kesempatan untuk mengajukan keberatan ke tim sengketa ini H+3 pelaksanaan Pilkades dan kalaupun masih tidak puas bisa mengajukan gugatan ke PTUN.

“Kalau tidak ada bukti, maka laporan itu akan sia-sia namun kalau masih tidak puas, tim sengketa mempersilahkan calon tersebut mengajukan gugatan ke PTUN,“ ujarnya.

Baca Juga

Lebih jauh, Ia mengingatkan kepada Panitia Pilkades agar bersikap netral dan para calon agar menghindari politik uang serta selalu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

“Semua panitia harus jaga netralitas dan kepada masyarakat agar menggunakan hak pilih dengan bijak,“ tutupnya. np

Reporter : M. Ragil Sopiyan Sauri
Editor : Suandi Yusuf

Berita Terkait

Leave a Reply