Aliansi Masyarakat Sumbawa Tagih Komitmen Gubernur dan Kecam Pernyataan BPN NTB

  • Whatsapp
Aliansi Masayarakat Sumbawa saat menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor ATR / BPN NTB, Selasa, 10 Desember 2019 . / foto : Junawan / NTBPOS.CO.ID

NTBPOS.CO.ID – Masyarakat Sumbawa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Sumbawa, Menggugat dan mengecam Badan Pertanahan Nasional (BPN) NTB, dan meminta janji serta komitmen Gubernur NTB dalam pembangunan PLTU Sumbawa 2 di Kabupaten Sumbawa. Selasa, 10 Desember 2019 di Mataram.

Adanya pernyataan BPN NTB dalam rapat hari Kamis 5 kemarin dikantor Bupati Sumbawa yang difasilitasi oleh Gubernur NTB.

Dalam rapat tersebut BPN NTB menyatakan bahwa lokasi tanah pembangunan PLTU Sumbawa 2 adalah tanah negara tidak mengakui hak kepemilikan masyarakat, meskipun masyarakat memiliki bukti bukti yuridis berupa SPPT dan sporadik.

Padahal dari awal pertemuan Gubernur NTB sudah menekankan komitmennya untuk mendorong hadirnya investasi di kabupaten Sumbawa.

Suryanto,SH dalam Orasinya mengatakan, menuntut janji Gubernur NTB untuk penyelesaian pembangunan PLTU Sumbawa 2. Dan Mengutuk pernyataan BPN NTB yang menyatakan lokasi PLTU Sumbawa 2 adalah tanah negara dan tidak mengakui hak kepemilikan masyarakat yg meskipun memiliki alas hak dan bukti bukti kepemilikan.

Baca Juga

Suryanto juga meminta Gubernur NTB untuk bersurat/menghadap kepada Presiden Jokowi agar pembangunan PLTU Sumbawa 2 segera direalisasikan, dan tetap mengakui hak kepemilikan masyarakat.

Kata Suryanto, mestinya Gubernur NTB mencari solusi agar investasi tersebut tetap berjalan dan tetap mengakui hak kepemilikan masyarakat, seperti yang dilakukan di proyek proyek lain seperti Beringin Sila, KEK Mandalika dan lainnya.

” Gubernur NTB tidak boleh diam dalam masalah ini, dia harus ikut turun tangan dalam upaya penyelesaian pembangunan PLTU Sumbawa 2 ini, kami meminta Gubernur NTB menghadap langsung ke Presiden Jokowi dan meminta petunjuk Presiden terkait dengan pembangunan PLTU tersebut. ” tegas Korlap Aksi. [] NP – Red

Berita Terkait

Leave a Reply