Ali BD: Pemerintah Harus Berhati-hati, GoTo Mayoritas Dimiliki Asing

  • Whatsapp
Mantan Bupati Lombok Timur, H Moch. Ali Bin Dachlan . / Dok. www.ntbpos.com

NTBPOS.com – Merger Gojek dan Tokopedia menjadi GoTo diklaim akan menjadi grup teknologi terbesar di Indonesia. Gojek merupakan platform layanan on-demand dan pembayaran serta finansial terkemuka di Asia Tenggara. Sedangkan Tokopedia, perusahaan teknologi dengan marketplace terkemuka di Indonesia.

Namun disisi lain, dengan bergabungnya kedua perusahaan digital tersebut ternyata menimbulkan pro dan kontra dikalangan masyarakat. Terutama dampaknya bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Kali ini kritikan pedas datang dari mantan Bupati Lombok Timur H. Mochamad Ali bin Dachlan, yang meminta seharusnya pemerintah jangan bangga dulu dengan keberadaan Grup GoTo.

“Gojek dan Tokopedia jadi GoTo, pemerintah bangga atas hal tersebut. Saya kurang paham atas nama apa jadi bangga,” kata Ali Bin Dachlan di akun facebook resminya diberitakan sejumlah media, Rabu,19 Mei 2021.

Dalam akun facebooknya tetulis juga memperingatkan supaya pemerintah hati-hati, karena selama ini seperti yang diketahui pemilik dari perusahaan GoTo itu mayoritas dimiliki orang-orang asing.

Baca Juga

Menurutnya, jika perusahaan tersebut nantinya berkembang di tengah masyarakat, bukan tidak mungkin akan menggerus pelaku UMKM berbasis online maupun offline.

“Bukankah GoTo akan menjadi predator jualan online binaan UMKM,” tanyanya.

Belum lagi mengenai tambahan pajak nantinya bagi perusahaan tersebut, apakah pemerintah dalam hal ini berani menaikkan pajak perusahaan GoTo. Sedangkan seperti yang diketahui bahwa usaha lainnya saat ini banyak mengalami kemunduran.

“Saya tetap tidak mengerti, kita bangga online karena kita baru tahu nama online, pemerintah harus berhati – hati” pungkasnya. np

Berita Terkait

Leave a Reply